About Me

header ads

Meningkatkan Kesadaran dan Kepedulian Lingkungan, GenBI UTU Bersihkan Pantai Peunaga Pasie

Komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) Aceh komisariat Universitas Teuku Umar (GenBI UTU) melaksanakan kegiatan GenBI Bersih Pantai yang berlangsung di pantai Peunaga Pasie,Meureubo,Aceh Barat. Sabtu, (26/10/19).


Pembersihan Sampah di pantai


Kegiatan ini mengusung tema "Bersihkan Pencemaran Sampah di Kawasan Pantai Dengan Aksi Peduli Lingkungan". Pada kegiatan ini diikuti mahasiswa/i anggota GenBi Universitas Teuku Umar. Dengan adanya kegiatan GenBI Bersih Pantai ini diharap mahasiswa/i dan seluruh kalangan lapisan masyarakat dapat mewujudkan pantai yang bebas dari sampah. Dan kegiatan ini dilangsungkan dengan mengambil jenis sampah plastik yang berada di sekitaran pantai serta meninjau kembali batubara yang dikabarkan tertumpah kemudian menghampiri pantai peunaga tersebut untuk bersama sama di bersihkan.

Ketua panitia dari GenBI Riski Pratama mengatakan Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan agar mahasiswa/i Universitas Teuku Umar bisa menjaga lingkungan pesisir terutama pantai dan perairannya bebas dari sampah plastik, agar masyarakat kita bisa memahami betapa bahayanya sampah plastik yang tidak bisa didaur ulang atau sulit terurai.

aksi bersih pantai dan laut juga menjadi tanggung jawab semua pihak untuk menjaga kebersihan dan mencegah pencemaran yang lebih luas. Hal itu sangat diperlukan karena tidak mungkin mengandalkan petugas dan aparat pemerintah daerah yang sangat minim.

“Untuk itu perlu dilakukan aksi bersih pantai dan laut secara rutin. Semua pihak yang terkait seperti masyarakat dan kalangan swasta harus terlibat membersihkan sampah, terutama ancaman sampah plastik yang sangat berbahaya," Ujar Riski Pratama

Rahmat Dilta Harahap Ketua GenBI UTU Periode 2019/2020 mengatakan kegiatan GenBI Bersih pantai Sabtu 26 Oktober 2019 ini diharapkan terus berlanjut dengan kegiatan ini bisa mensosialisasikan kepada seluruh mahasiswa/i dan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan guna membantu menyelamatkan bumi dari bahaya pencemaran udara, air, dan darat serta mengubah iklim yang dapat mengakibat kurangnya lapisan ozon. Pengunaan plastik, GenBI Aceh komisariat Teuku Umar sangat mengapresiasi dan tegas dengan turut ambil andil dalam pencegahan pencemaran lingkungan ini apalagi di kalangan masyarakat sendiri ini sangat di perhatikan karena masyarakat kita masih kurang kesadaran dalam membuang sampah pada tempatnya.

Satu-satunya kelemahan plastik adalah tidak mudah diuraikan oleh bakteri atau mikroorganisme sehingga mencemari lingkungan.

“Melalui Kegiatan ini juga kita harapkan mahasiswa dan masyarakat serta komunitas peduli lingkungan bisa kembali mengalakkan pentingnya menjaga lingkungan agar dapat tetap sehat melalui bijak dalam pengunakan sampah plastik sangat penting dan jangan sampai sampah plastik di buang ke laut karna dapat merusak ekosistem perairan” Sebut Rahmat Dilta Harahap Ketua GenBI Komisariat UTU.

Photo Bersama

Kegiatan di akhiri dengan membuang sampah plastik kedalam tempat sampah yang lebih besar dan dilanjutkan dengan foto Bersama serta berakhir dengan evaluasi anggota GenBI.


Fahri

Post a Comment

0 Comments