About Me

header ads

Peduli Terhadap Lingkungan, GenBI Komisariat UTU Melaksanakan Aksi Pembersihan Sampah

Komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) komisariat Universitas Teuku Umar (UTU) melaksanakan kegiatan Aksi Pembersihan Sampah, Milennial Peduli Lingkungan, yang Berlokasi di Pelabuhan Ujong Karang. ( Meulaboh, 01 September 2019 ).

Komunitas Peduli Lingkungan Sedang Pilih Sampah di Pelabuhan Meulaboh


Kegiatan ini merupakan aksi Kolaborasi yang mana kegiatan ini di inisiasi oleh Gerakan Peduli Lingkungan (GPL) Meulaboh. Aksi Pembersihan Sampah tersebut berlangsung satu hari dengan mengusung tema “Mari Kita Tingkatkan Kepedulian dan Kesadaran Untuk Tidak Membuang Sampah Ke Laut" dan diikuti sebanyak 60 Peserta yang berasal dari Komunitas-Komunitas yang berbeda yang ada di Kabupaten Aceh Barat di antaranya Komunitas GenBI Komsat UTU, Komunitas Gerakan Peduli Lingkungan Meulaboh, UKM PA Tarantula UTU, Komunitas Timoeh, Ikatan Duta Lingkungan Aceh Barat, Ikatan Duta Wisata Aceh Barat dan beberapa pengurus vihara Meulaboh.

Koordinator lapangan Dan juga penyelenggara kegiatan Aksi Pembersihan Sampah GLP Meulaboh, Fajar Oza Pratama Mengatakan " Aksi ini sangat bagus di lakukan, apalagi di ikut sertakan komunitas lain yang memiliki visi yg Sama yaitu tentang lingkungan, terutama sampah plastik, semoga ini menjadi langkah awal untuk kolaborasi kegiatan yg lainnya.

Sementara itu  Rahmat Dilta Harahap
Koordinator kegiatan dari Komunitas Genbi UTU mengatakan "Kegiatan Pembersihan sampah tersebut sangat penting dilakukan mengingat banyaknya jumlah sampah yang beradi di lokasi pelabuhan ujung Karang selain itu juga pengunjung yang berpergian kesana tak tanggung-tanggung membuang sampah di laut bahkan di bibir pantai ujung Karang"

Peserta Peduli Lingkungan Sedang Membersihkan Sampah

"Jenis sampah yang dominan di buang adalah sampah Plastik. Sampah Plastik begitu berbahaya, ketika sampah plastik dibuang ke laut itu tak hanya memengaruhi ikan tapi juga berdampak negatif pada kadar oksigen yang dihasilkan bakteri yang berada di lautan". Tambahnya

“Kita tahu bersama Indonesia merupakan negara penyumbang sampah plastik ke lautan terbesar kedua di dunia, sampah plastik ini sangat berbahaya  bagi biota laut dan juga mengancam kesehatan manusia, sehingga kegiatan yang di inisiasi oleh GPL ini bersama beberapa komunitas, bertujuan memberi edukasi bagi masyarakat untuk dapat menjaga kebersihan kawasan Pantai."  Tutup Dilta

Djulia Safitri , mengatakan  Kegiatan ini bukan hanya sekedar aksi bersih namun juga memberikan edukasi kepada masyarakat akan kesadaran terhadap lingkungan agar menjaga kebersihan lingkungan bebas dari sampah. Apalagi jika sampah-sampah plastik tersebut tercemar ke laut maka akan berdampak buruk.

"Kegiatan ini merupakan suatu bentuk wujud kepedulian terhadap lingkungan dalam mengurangi dan mengatasi sampah plastik. Harapannya semoga kegiatan ini bisa dilaksanakan rutin disetiap daerah utk menanggulangi sampah plastik” Sebut Djulia Safitri Ketua GenBI Komisariat UTU.

Photo Bersama 


Kegiatan berakhir dengan mengangkat sampah ke satu tempat yang nantinya akan di angkut oleh kendaraan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten (DLHK) Aceh Barat dan diakhiri dengan sesi foto bersama.

Post a Comment

0 Comments