About Me

header ads

Manfaat Shalat Subuh Berjamaah Bagi Kesehatan Tubuh

Berita Islami | Nikmat Sehat adalah nikmat yang sangat penting kita syukuri yang mana nikmat ini baru terasa jika kita sedang sakit. Rasullullah SAW beserta Sahabat sangat menganjurkan untuk menjaga kesehatan kita. Seluruh sunnah dalam kehidupan Rasulullah SAW jika kita rutinkan maka sangat penuh dengan perilaku-perilaku yang sangat sehat. Sebagai contoh kita yang bisa hadir subuh ini di masjid yang mulia ini Alhamdulillah dapat bernapas dengan sempurna tanpa masalah namun sebagian saudara kita masih banyak yang kurang beruntung sehingga memerlukan alat bantu napas.

Para Jama'ah Shalat Subuh


Begitu banyak keutamaan dan manfaat sholat subuh Namun kali ini kita lihat dari sisi kesehatan mengapa sholat subuh begitu penting.  Ritme metabolisme tubuh manusia adalah ritme sirkadian dimana diwaktu malam hari kita beristirahat tidur. Pada saat tidur terjadi kondisi istirahat dari sel-sel tubuh kita namun pada saat 1/3 malam akhir terjadi masalah dalam tubuh kita dengan meningkatnya kadar hormon kortisol dan adrenalin. Kortisol sendiri sangat diperlukan oleh tubuh dalam kadar tertentu namun jika dalam kondisi kadarnya tinggi maka pelan-pelan akan merusak organ-organ tubuh. Satu-satunya cara untuk menurunkan kadar kortisol adalah dengan segera bangun dari tidur. Begitu juga dengan adrenalin sangat diperlukan oleh tubuh dalam aktivitas sehari-hari namun dalam kondisi berlebihan dan terus menerus maka akan merusak tubuh khususnya sistem kardiovaskular dengan cara menyempitkan pembuluh darah dan meningkatkan potensi.


pembuluh darah dan meningkatkan potensi terjadinya penggumpalan trombosit yang akan berakibat meningkatnya angka kejadian penyakit-penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung, hipertensi ataupun stroke. Sebenarnya (Masya Allah begitu sempurna ciptaan Allah) ada mekanisme pencegahan dari tubuh dengan adanya semacam zat-zat nitrite oxide yang bekerja untuk melawan efek dari adrenalin tersebut. Nah supaya kerja dari nitrite oxide ini lebih maksimal maka aktifitas angun tidur di sepertiga malam atau waktu subuh lalu diikuti aktifitas tubuh dengan sholat dan berjalan ke masjid untuk sholat berjamaah maka akan mempercepat efek anti dari adrenalin tersebut.


Pada waktu 1/3 malam akhir atau waktu subuh   sendiri maka kadar udara segar begitu maksimal dan kadar oksigen begitu berlimpah serta polusi udara minimal maka proses pernapasan kita menjadi lebih baik. Aktifitas waktu subuh dengan serangkaian ibadah sholat dan zikir akan menyebabkan hati tenang dan senang. Disaat kondisi hati senang maka kadar endorfin (hormon kesenangan) meningkat. Dengan meningkatnya kadar endorfin maka perbaikan organ dan sel2 tubuh menjadi lebih maksimal dan kerusakan menjadi minimal. Hal ini karena hormon perusak yang dihasilkan oleh kondisi stres menjadi minimal. Kondisi stres sendiri merupakan salah satu faktor utama penyebab jenis2 penyakit yang utama. Kalau kita lihat orang-orang yang hilang akal di jalan-jalan sangat jarang menderita penyakit semacam stroke, kanker atau darah tinggi, paling mereka menderita penyakit yang disebabkan kebersihan tubuh yang tidak baik seperti diare, cacingan, dan infeksi lainnya.


Jadi semua aktivitas Sunnah yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW dan para sahabat, terkhusus adalah bangun diwaktu subuh dan melakukan aktifitas shalat subuh berjamaah merupakan serangkaian aktivitas, selain bermanfaat bagi jiwa juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.



Kontributor : Halaman Facebook Generasi Pecinta Subuh (GPS) Berjamaah
Resume Ceramah Singkat : Ustad dr. Faisal Husein, Sp.A.Msc

Post a Comment

0 Comments