About Me

header ads

Menilik Sejarah Kopi Khop, GenBI UTU Goes Warkop Suak Ribee

Komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) Aceh komisariat Universitas Teuku Umar (UTU) melaksanakan kegiatan GenBI Goes To Kuliner Kopi Khop Khas Aceh Barat,yang berada di Suak Ribee,Aceh Barat. Minggu. (24/10/19).


Kegiatan ini mengusung tema "Menjadi Generasi Yang Cinta Kuliner Daerah". Pada kegiatan ini diikuti oleh Mahasiswa anggota GenBI Aceh komisariat Universitas Teuku Umar, Dengan adanya kegiatan ini diharap Generasi Baru Indonesia mampu belajar dan paham tentang kuliner khas daerah indonesia khususnya di Aceh Barat, Sangat penting kita dapat mengetahui cara pembuatan Produk kopi khop tersebut, dalam kegiatan ini dilangsungkan peraktik Pembuatan Kopi khop.Istilah "Kupi Khop" muncul dari kata - kata terakhir Teuku Umar sebelum tewas tertembak saat berperang dengan Belanda, pahlawan berdarah Aceh itu memberi isyarat minum kopi bersama sebelum beliau berangkat berperang.

Filosopi penyajian "Kopi Khop" dengan gelas terbalik merupakan kebiasaan masyarakat Aceh yang berlama - lama saat minum kopi, apabila disajikan dengan gelas terbalik maka akan tertutup, aman dari polusi dan
penyajian kopi gelas terbalik dengan terbuka, itu lebih bagus yang ditutup.

Ketua panitia Irma Elviana mengatakan Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan agar mahasiswa/i khususnya anggota GenBI komisariat Universitas Teuku Umar dapat memahami cara pembuatan kopi khop, dan menikmatinya bersama untuk meningkatkan keakraban dan pemahaman tentang kearifan lokal bagi Generasi Baru Indonesia yang akan datang.

"Saat ini Kupi Khop ini sudah tidak asing ditemukan, hampir di kabupaten atau kota di Aceh ada kopi khop yang memiliki ciri khas, tapi warga kita masih belum paham dari mana asalnya dan apa filosopi sehingga ada kopi yang disajikan dengan gelas terbalik seperti itu," kata Irma Elviana

Rahmat Dilta Harahap Ketua GenBI Komisariat UTU Periode 2019/2020, mengatakan kegiatan seperti ini dilakukan sebagai salah satu wujud mempromosikan kuliner khas daerah.

"Melalui Kegiatan ini kita berharap nantinya dapat menginformasikan kepada masyarakat luar bahwa Aceh Barat memiliki kuliner khas yang unik dan menarik, sehingga dengan keunikan yang dimiliki oleh kopi khop ini dapat mengundang minat wisatawan untuk mengunjungi Aceh Barat dan mencoba menikmati kopi khop ini.” Sebut Rahmat Dilta Harahap Ketua GenBI Komisariat UTU.



Kegiatan di akhiri dengan Do'a dilanjutkan dengan foto Bersama serta evaluasi kegiatan.


Fahri

Post a Comment

0 Comments