About Me

header ads

Pemilu Bersih, Tidak ada Mooney Politik

Menjelang penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 mendatang yang merupakan instrumen penting bagi terselenggaranya Pemilu yang demokratis, terpercaya dan dapat dipertanggung jawabkan sesuai ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, perlu adanya pemahaman dan peran serta masyarakat yang ikut ambil bagian untuk mencegah terjadinya money politic atau politik uang dalam penyelenggaraannya.



Pilihan Legeslatif merupakan perwujudan kedaulatan rakyat untuk menghasilkan anggota legislatif yang demokratis. Penyelenggaraan Pemilu yang bersifat Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil hanya dapat terwujud apabila penyelenggaranya mempunyai integritas yang tinggi serta memahami dan menghormati hak-hak sipil dan politik dari warga negara. 


Penyelenggaraan yang lemah berpotensi menghambat terwujudnya Pemilu yang berkualitas, sebagaimana diamanatkan UUD 1945. Penyelenggara Pemilu memiliki tugas menyelenggarakan Pemilu dengan kelembagaan yang bersifat nasional, tetap dan mandiri. Langkah strategis yang perlu dirumuskan di titik yang berkaitan pada aspek pembelajaran politik kepada masyarakat, pembenahan database Pemilu dan antisipasi aspek hukum atau sengketa hasil Pemilukada salah satunya adalah politik uang atau serangan fajar.


Upaya antisipasi Politik uang pada Pemilu April mendatang adalah sebagai bentuk kepedulian agar Caleg terpilih adalah murni karena pilihan hati masyarakat bukan karena Adanya iming-iming uang dan sejenisnya. supaya tidak terjadinya money politik di Pemilu 2019 harus mendapat dukungan dari semua Pihak. Jika pemilu kedepan bebas dari Politik uang maka aka nada banyak anggota legislatif yang menjalankan amanah sesuai denngan titahnya bukan untuk mengembalikan modal yang sudah dia habiskan dalam masa kampanye.

Post a Comment

0 Comments